welcome to my world

Rabu, 04 Juli 2012

Bahan Penting Bagi Kulit Sensitif

Kulit sensitif dapat terjadi akibat beberapa hal, seperti adanya jerawat dan dehidrasi. Karena itu, penanganan terhadap kulit sensitif pun berbeda-beda. Penanganan kulit sensitif akibat jerawat sangat berbeda dengan penanganan kulit sensitif karena faktor lingkungan.

Karena kulit saya tergolong sensitif, saya jadi lebih memperhatikan bahan-bahan yang dapat membantu “menenangkan” kulit saya.

Secara umum, banyak bahan yang dinilai berguna untuk kulit sensitif dan membantu proses penyembuhan kulit. Rata-rata bahan tersebut berperan sebagai antiradang. Berikut ini di antaranya:

Kamomil
Efek menenangkan dari teh kamomil sudah dikenal luas, tetapi tahukah Anda bahan tersebut juga sama menenangkannya bagi kulit?

Kamomil memiliki sifat penyembuhan alami yang akan membantu proses peremajaan kulit dan antiradang. Sifat antiseptiknya membuat bahan ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki masalah dengan jerawat. Sekantong teh kamomil tak hanya membantu mengempeskan mata bengkak, tapi juga bagian tubuh lain.

Lavender
Secara umum, lavender disinyalir dapat membantu membuat otot rileks, menghilangkan rasa sakit dan berguna membunuh kuman. Jadi, ketika digunakan sebagai produk perawatan kulit, lavender mampu membantu relaksasi otot-otot di wajah anda, serta membuatnya terlihat lebih kenyal. Bahan tersebut juga berguna untuk kulit yang terbakar karena matahari, dan mengobati kulit pecah-pecah. Dan yang terakhir, saya sangat suka aromanya yang menenangkan.

Lidah buaya
Lidah buaya atau aloe vera sejak lama terkenal mampu mengobati kulit kemerahan dan perdangan. Teksturnya yang seperti gel terasa menyenangkan di kulit — bahkan ketika digunakan langsung dari tanaman. Karena itu, banyak sekali kita melihat produk perawatan kulit yang mengandung aloe vera — sebab melembutkan kulit dan mudah diserap.

Kafein
Saya mengonsumsi kopi tiap hari. Kalau kafein juga ternyata baik untuk kulit saya, kenapa tidak? Saya ingat betul saat memasukkan kopi sebagai campuran bahan scrub untuk menyamarkan parut di kulit saya. Hasilnya sangat memuaskan.

Kulit saya yang pecah-pecah dan sangat kering terasa halus, kenyal dan parut sayapun tidak setegas sebelumnya. Dan rupanya, bahan kafein sendiri banyak digunakan dalam produk perawatan kulit wajah karena bersifat antiradang, sehingga cocok bagi kulit sensitif. Bahkan ada studi yang menunjukkan bahwa kafein, apabila diolehkan ke wawah, dapat membantu mengurangi sel yang rusak dan tidak mengganggu sel yang sehat.

Mawar
Dikenal sebagai antikoksidan yang sangat kuat dan mampu memperkuat sel kulit serta membantu regenerasi jaringan kulit. Hal tersebut sangat dibutuhkan ketika kulit Anda mengelupas dan pecah-pecah.

Minyak mawar juga dipercaya dapat mempertahankan kelembapan kulit. Orang dengan kulit yang sangat kering, seperti saya, akan sangat merasakan betapa membantunya bahan mawar dalam menjaga kulit supaya tetap lembap sepanjang hari. Selain lavender, saya juga sangat menyukai aroma bahan tersebut.

Sumber : yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar