welcome to my world

Rabu, 25 April 2012

Pengenalan StarUML dan Perbedaan antara UML dengan DFD


StarUML adalah suatu opensource project sebagai pngembang kecepatan, fleksibilitas, keleluasaan, fitur, dan kebabasan platform UML/MDA yang berbasis Win32. Tujuan project StarUML adalah untuk membentuk suatu alat permodelan perangkat lunak dan platform yang mampu bersaing/menggantikan alat UML yang komersil, seperti Rational Rose, Together, dan yang lainnya.

UML kebanyakan ditulis dengan bahasa pemograman Delphi. Akan tetapi, bagaimanapun juga StarUML ada multi-bahasa project dan tidak mengharuskan bahasa pemograman yang spesifik. Banyak bahasa pemograman yang dapat digunakan untuk mmbantu mengembangkan opensource project StarUML ini, seperti C/C++, Java, Visual Basic, Delphi, JScript, VBScript, C#, VB.NET, dan lain-lain.

Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. DFD merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan sistem yang sedang berjalan logis.

UML dengan DFD keduanya berkaitan tetapi berbeda. UML merupakan alat yang digunakan untuk memodelkan suatu sistem/software, sedangkan DFD merupakan salah satu dari model yang terdapat di dalam StarUML.

Sumber :
- Wikipedia.com
http://www.edrawsoft.com/Data-Flow-Diagrams.php

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai star UML, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4142/1/DOKUMEN%20PRESENTASI.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus