welcome to my world

Rabu, 28 Desember 2011

Contoh Alinea dengan Gagasan Utama

A. Kashmir yang terletak di bagian utara merupakan mahkota dari India.
Kashmir yang terletak di bagian utara merupakan mahkota dari India. Lembahnya terkenal sebagai salah satu lembah terindah. Gunungnya tertutup salju. Ketenangan danau peraknya menciptakan nuansa yang romantis.
Gagasan utama : Kashmir merupakan mahkota dari India
Gagasan penjelas : 1. Khasmir terletak di bagian utara India
                                 2. Khasmir memiliki lembah terkenal sebagai salah satu  lembah terindah
                                 3. Gunungnya tertutup salju
                                 4. Ketenangan danau peraknya menciptakan nuansa yang romantis. 

B.  Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman-pengalaman orang lain.
Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman-pengalaman orang lain. Pengalaman-pengalaman orang lain sangat perlu kita lihat dan kita pelajari yang baiknya. Jika seseorang tersebut berbuat kesalahan pada suatu pekerjaan dan menceritakannya kembali ke diri kita, kita tidak boleh mengulangi kesalahan tersebut dan harus menjadikan pelajaran untuk setiap orang. Pengalaman tersebut yang harus kita pelajari.

C. Tambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat manyebabkan tingkat kemakmuran berkurang.
Bertambahnya penduduk dimuka bumi ini sering dibicarakan oleh banyak pihak. Pertambahan penduduk ini akan menyebabkan semakin menyempitnya lahan-lahan untuk tempat tinggal para penduduk di Indonesia. Biasanya pertambahan penduduk ini disebabkan oleh para pendatang baru yang akan mencari pekerjaan, selain itu juga akan menyebabkan berkurangnya lahan yang kosong untuk penghijauan. Tambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat manyebabkan tingkat kemakmuran berkurang.

D. Pengumuman CPNS
Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) hadir secara online untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan informasi dan berita aktual seputar lowongan kerja cpns dan pengumuman hasil seleksi ujian cpns Indonesia.
Kehadiran ini semoga memberikan manfaat bagi masyarakat luasa yang selama ini kurangnya informasi. Website Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) ini bukanlah milik salah satu kementerian, instansi ataupun yayasan milik pemerintah Indonesia. Website ini online merupakan hasil kerjasama dari berbagai pihak. Adapun semua dana pembiayaan dan pemeliharaan website ini murni berasal dari biaya iklan promosi dan PCP yang kami sertakan di halaman website ini.
Semua informasi di website ini terbuka untuk umum, dipersilahkan secara bebas bagi pengunjung untuk mengcopy pastekan sebagian atau kesuluruhan isi website ini tanpa harus meminta izin lagi kepada pihak admin PPCI.? Kami hanya mengharapkan apabila pengunjung menghargai usaha pemberian informasi dan berita tentang cpns yang kami lakukan? ini agar membuat link ke website ini.



Sumber :http://www.pengumuman-cpns.com/cpns/menentukan-kalimat-utama-dalam-paragraf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar