welcome to my world

Senin, 03 Oktober 2011

Interaksi Manusia dengan Komputer


IMK mulai dikenal dimasyarakat pada tahun 1970 , namun dulu orang menyebutnya sebagai user interface atau Man Machine Interface (MMI). Berdasarkan sumber yang saya dapat IMK secara sederhana adalah studi tentang manusia, teknologi komputer dan cara bagaimana merela saling berinteraksi . Kita mempelajari IMK untuk dapat menentukan bagaimana membuat teknologi makin berguna bagi manusia tentunya juga menguntungkan.
Namun dari hal tersebut pastinya membutuhkan pemahaman tentang 3 hal yaitu
1.      Tekhnologi Komputer
2.      Manusia yang mengoperasikan komputer
3.      More Useable
Anda pasti tahu sekarang komputer sudah jauh lebih murah dan digunakan hampir setiap sisi kehidupan ,kitapun juga mempunyai pengetahuan bagaimana komputer dapat dioperasikan sesuai dengan kebutuhan. Komputer pertama dibuat berupa mesin-mesin yang sangat besar pastinya dengan daya yang sangat besar pula namun sejalan dengan perkembangan zaman dan pengetahuan manusia komputer kemudian perlahan-lahan berubah menjadi sebuah kepingan kecil yang disebut dengan IC. IC tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil namun daya tamping atau kapasitas penyimpanannya sangat besar namun dengan harga yang pastinya murah.

Komputer juga dirancang sesuai dengan kebutuhan manusia, namun komputer lebih diperlukan didalam dunia bisnis biasanya yang lebih jauh mendetail. Bukan hanya komputer yang harus memiliki kemampuan tinggi namun user pun sebagai orang yang mengoperasikan komputer harus mempunyai keterampilan akan pengetahuan kompuyer.

Elemen utama yang harus dimiliki dalam sebuah IMK yaitu :
·         Manusia          : Tentunya manusia sebagai penjalan komputer /user.
·         Komputer       : Komputer sebagai media penyampain yang diinginkan oleh User.
·         Interaksi         : interaksi antara manusia dengan komputer.
·         Aktivitas         : aktifitas yang terjadi antara manusia dengan komputer.
·         Lingkungan kerja : lingkungan sangat berpengaruh terhadap kinerja manusia dengan komputer .

Dari semua ini pastilah memiliki tujuan, tujuan utama dari IMK yaitu:
·         Membuat system yang lebig berguna bagi manusia
·         Efektif
·         Efisiensi (waktu)
·         Efektif
·         Fungsional
·         Aman

Prinsip kerja system komputer adalah adanya masukan-proses-keluaran(input-process-output). Ketika seseorang berkerja dengan komputer pastinya akan terjadi interaksi dengan komputer dengan cara tertentu. Supaya terjadi proses dialog yang baik dan sesuai dengan yang diinginkan maka kita harus memahami karakter lawan interaksi kita. Perancang IMK haruslah memahami bagaimana manusia itu sendiri yang merupakan syarat dari keberhasilan interaksi.
Jadi menurut saya IMK itu adalah gabungan antara Manusia, system komputer, dan iteraksi yang terjadi antara keduanya secara bersamaan menyelesaikan suatu pekerjaan.

Semoga berguna yahh ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar