welcome to my world

Kamis, 29 September 2011

Bahasa Kita Bahasa Indonesia

Bahasa bisa mengacu kepada kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, atau kepada sebuah instansi spesifik dari sebuah sistem komunikasi yang kompleks. Begitu banyak bahasa yang dimiliki oleh bangsa kita dan setiap bahasa memiliki ciri khas dalam perilaku sampai adat istiadat. Bahasa yang digunakan oleh bangsa kita adalah Bahasa Indonesia, dibawah ini merupakan penjelasan singkat tentang bahasa Indonesia.

Bahasa resmi yang digunakan oleh negara kita adalah Bahasa Indonesia , karena itu kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dan melestarikan bahasa tersebut. Banyak dari bangsa kita yang sering mengganti-ganti bahkan menambahkan kosakata dalam ejaan bahasa indonesia. Sebagai bangsa yang cinta akan negara kita marilah kita menjaga keutuhan bahasa indonesia sebagai warisan nenek moyang. Dibawah ini merupakan ragam bahasa yang dimiliki oleh negara kita.

Macam Ragam Bahasa terdiri dari:
·         Ragam bahasa pada suatu situasi seperti ragam bahasa formal (baku) dan informal (tidak  baku). Dengan kita menggunakan dengan bahasa formal seseorang akan terlihat kaku dalam besikap akan tetapi hal tersebut terlihat lebih sopan. Biasanya bahasa formal digunakan dalam situasi yang resmi atau digunakan untuk berkomunikasi dengan atasan atau orang yang lebih tua.
·         Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu golongan sosial seperti ragam bahasa orang akademisi beda dengan ragam bahasa orang-orang jalanan. Bahasa setiap orang berbeda-beda, perbedaan itu terlihat dari gaya bahasa yang digunakan, yang membedakan itu semua adalah tingkatan pendidikan, gaya bahasa yang berpendidikan  berbeda dengan orang yang tidak mengenyam pendidikan seperti orang-orang jalanan.
·         Ragam bahasa pada perorangan atau idiolek seperti gaya bahasa mantan presiden Soeharto, gaya bahasa benyamin s, dimana seorang pemimpin harus meberi contoh bahasa yang baik kepada masyarakatnya sehingga semua kalangan masyarakat mengerti apa yang dimaksud. Serta idialeg patinya mengerti pula dengan bahsa ekonomi, politik dan lainnya.
·         Ragam bahasa pada bidang tertentu seperti bahasa istilah hukum, bahasa sains, bahasa jurnalistik, dan sebagainya. Dimana setiap bidang tertentu memiliki istilah bahasa yang digunakan dalam menyampaikan suatu maksut.
·         Ragam bahasa pada bentuk bahasa seperti bahasa lisan dan bahasa tulisan dulu biasa digunakan apabila mereka ingin berkomunikasi jarak jauh sehingga hal seperti itu di lakukan.

Dalam kehidupan sehari hari tiap bahasa memiliki fungsi atau manfaat dalam penggunaannya, berikut adalah fungsi bahasa dalam kehidupan yang biasa digunakan dalam bersosialisasi antar manusia :
1.       Alat untuk berkomunikasi dengan sesama manusia.
2.       Alat untuk berkerja sama dengan sesama manusia.
3.       Alat untuk pengidentifikasi diri.

 Dari data diatas didapatkan pemahaman bahwa kita dalam menggunakan bahasa dikehidupan sehari-hari haruslah sesuai dengan siapa kita melakukan komunikasi, jangan sampai ada perkataan yang membuat seseorang tersinggung apalagi orang tersebut umurnya diatas kita.
Disini kita membahas bahasa salah satunya yaitu bahasa Indonesia. Dalam penggunaan bahasa Indonesia ada ketentuan dalam penggunaan bahasa yaitu EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)  dan disertai tanda baca. EYD terdiri dari imbuhan-imbuhan yang memiliki arti tersendiri serta peletakkan tanda baca yang tepat pada setiap kalimat . Hal tersebut dapat membuat suatu kalimat, paragraf dapat dipahami oleh para pembacanya.


Peranan Bahasa Indonesia

Kita sebagai makhluk sosial pastilah perlu berkomunikasi satu sama lain. Apalagi dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. Bahasa indonesia berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, peran tersebut meliputi bagaimana proses dimulai dari tingkat personal atau individu sampai masyarakat luas dalam memahami diri dan lingkungannya. Namun secara umum fungsi bahasa yaitu sebagai alat berekspresi, berkomunikasi, dan alat untuk berinteraksi dan beradaptasi dalam sosial.

Dalam mengembangkan diri, seorang individu akan berusaha untuk beradaptasi dengan bahasa yang ada di lingkungannya. Sebuah penelitian yang saya baca tentang gen dan bahasa menjelaskan bahwa seorang individu memiliki kemampuan alami untuk memahami bahasa secara umum yang akan beradaptasi untuk lebih detail memahami bahasa yang ada digunakan di lingkungannya. Dalam proses tersebut seorang individu memiliki kesamaan dalam berbahasa dalam kelompok barunya tersebut. Maka dari itu proses alamiah tersebut perlahan membentuk ikatan sosial antara individu dengan individu yang lain dalam sebuah kelompok masyarakat.




Secara singkat bahasa indonesia memiliki peranan yang sangat penting diantaranya yaitu :
1.    Sistem
2.    Lambang dan Bunyi
Bahasa sebagai lambang kebanggaan bangsa indonesia, karena dengan bahasalah negara kita dapat dikenal oleh bangsa lain. Identitas Bangsa adalah sosok yang menunjukkan bahwa dia adalah Indonesia, baik sebagai negara maupun sebagai bangsa, berwujud dalam dua kenyataan, yaitu bahasa indonesia yang menampakan diri sebagai identitas nonfisik dan merah putih serta Garuda Pancasila sebagai wujud fisik dari negara Indonesia.
3.    Berinteraksi
Bahasa sebagai alat untuk berinteraksi dengan sesama, untuk berkomunikasi satu sama lain, sehingga terjadilah sosialisasi dalam lingkungan.
4.    Mengidentifikasikan Diri
Bahasa sebagai identifikasi diri yaitu mencerminkan pendidikan seseorang. Seseorang yang berpendidikan tentu akan lebih baik bertutur katanya dibandingkan orang yang tidak berpendidikan. Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka semakin tinggi pula kecakapannya dalam berbahasanya.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa tanpa bahasa manusia tidak bisa berinteraksi dengan manusia lain.  Tanpa interaksi, manusia tidak bisa berkerjasama dengan manusia lain. Tanpa bahasapun manusia tidak bisa mengenali dirinya sendiri. Semoga apa yang saya tulis diatas dapat bermanfaat bagi pembaca, dalam mengerjakan tulisan diatas saya mendapatkan dari berbagai sumber diataranya google dan wikipedia indonesia .

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar